Saturday, June 16, 2012

400 Ribu Tablet Android untuk SD se-Thailand


Partai Pheu Tai yang kini menduduki kursi pemerintahan Thailand, menepati janjinya dalam kampanye sebelum pemilu, dengan pengadaan tablet untuk pendidikan sebesar 32,8 juta dollar AS (sekitar Rp 295,2 miliar). Tablet Android bermerek Scopad sebanyak 400 ribu unit buatan China itu khusus dibagikan untuk pelajar di tingkat sekolah dasar (SD).


Tablet dengan merek Scopad SP0712 produksi vendor Shenzen Scope itu memiliki spesifikasi layar 7 inchi, prosesor 1,2 GHz, RAM 1GB, memori internal 8GB, dan dilengkapi dengan OS Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Namun, pada kontrak kedua nanti, pemerintah Thailand akan membeli tablet tipe berbeda dari Shenzen Scope sebanyak 530 ribu unit dengan total pembelian 72,7 juta dollar (sekitar Rp 654,3 miliar).

Satu fakta mencengangkan selanjutnya betapa pemerintah Thailand merupakan negara pertama di Asia yang menyediakan tablet secara cuma-cuma untuk kalangan pelajar dengan jumlah besar. Bukan hanya itu, sekalipun pemerintah India memang sudah terlebih dahulu menginisiasi penyediaan tablet untuk pelajar bermerek Aakash, namun tablet yang disedikan Thailand lebih mahal seharga 81 dollar (sekitar Rp 729 ribu, RM256) per unit dibandingkan India yang hanya 35 dollar (sekitar Rp 315 ribu, RM110). Hal ini dilakukan Pemerintah Thailand semata-mata untuk memastikan bahwa hardware dan software tablet tersebut memang layak mendukung proses KBM.

Liu Jin, Kepala Shenzen Scope, membeberkan pula betapa masih ada negara lain yang tengah dinegosiasi untuk pengadaan tablet tersebut, sebutlah: Pakistan, Brazil, dan Afrika Selatan. Apakah ada partai politik di Republik Indonesia ini tertarik dengan melakukan kampanye serupa menuju pemilu 2014 kelak, apalagi sekaligus mematahkan rekor Thailand?

Sumber berita :
EDUQO, May 16, 2012 
portal berita teknologi untuk pendidikan

Click HERE for report on the same subject in English

No comments:

Post a Comment